Mbahjiwo.com

Berbagi apa saja di Internet… Semoga kamu suka…
July 25, 2014

Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik

Posted by : Admin
Filed under : Artikel, Sekolah Bintang

Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik

Dalam buku Quantum Learning dipaparkan 3 modalitas belajar seseorang yaitu : “modalitas visual, auditori atau kinestetik (V-A-K). Walaupun masing-masing dari kita belajar dengan menggunakan ketiga modlaitas ini pada tahapan tertentu, kebanyakan orang lebih cenderung pada salah satu di antara ketiganya”.

1. Visual (belajar dengan cara melihat)

Lirikan keatas bila berbicara, berbicara dengan cepat. Bagi siswa yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah mata / penglihatan ( visual ), dalam hal ini metode pengajaran yang digunakan guru sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan / media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung pada siswa atau menggambarkannya di papan tulis. Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video. Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.

Ciri-ciri gaya belajar visual :

  • Bicara agak cepat
  • Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
  • Tidak mudah terganggu oleh keributan
  • Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
  • Lebih suka membaca dari pada dibacakan
  • Pembaca cepat dan tekun
  • Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
  • Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
  • Lebih suka musik dari pada seni
  • Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :

  1. Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.
  2. Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
  3. Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.
  4. Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
  5. Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.

2. Auditori (belajar dengan cara mendengar)

Lirikan kekiri/kekanan mendatar bila berbicara, berbicara sedang2 saja. Siswa yang bertipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga ( alat pendengarannya ), untuk itu maka guru sebaiknya harus memperhatikan siswanya hingga ke alat pendengarannya. Anak yang mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Anak auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya. Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi anak auditori mendengarkannya. Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset.

Ciri-ciri gaya belajar auditori :

  • Saat bekerja suka bicaa kepada diri sendiri
  • Penampilan rapi
  • Mudah terganggu oleh keributan
  • Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
  • Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
  • Biasanya ia pembicara yang fasih
  • Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
  • Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
  • Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
  • Berbicara dalam irama yang terpola
  • Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :

  1. Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
  2. Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.
  3. Gunakan musik untuk mengajarkan anak.
  4. Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
  5. Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.

3. Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)

Lirikan kebawah bila berbicara, berbicara lebih lambat. Anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik belajar melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan. Anak seperti ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat. Siswa yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :

  • Berbicara perlahan
  • Penampilan rapi
  • Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
  • Belajar melalui memanipulasi dan praktek
  • Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
  • Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
  • Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
  • Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
  • Menyukai permainan yang menyibukkan
  • Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
  • Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:

  1. Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.
  2. Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).
  3. Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.
  4. Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.
  5. Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.

Gaya belajar dapat menentukan prestasi belajar anak. Jika diberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajarnya, anak dapat berkembang dengan lebih baik. Gaya belajar otomatis tergantung dari orang yang belajar. Artinya, setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda.

Sumber : http://psb-psma.org/


July 25, 2014

3 Skenario yang Bisa Batalkan Jokowi Jadi Presiden

Posted by : Admin
Filed under : Politik

3 Skenario yang Bisa Batalkan Jokowi Jadi PresidenWalaupun telah ditetapkan sebagai pemenang Pemilu Presiden 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Joko Widodo atau Jokowi belum tentu dapat dilantik sebagai Presiden RI.

Kepada wartawan, Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengungkapkan ada tiga skenario yang dapat batalkan pelantikan Jokowi.

Pertama, permohonan untuk mundur dari posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta dapat ditolak oleh DPRD DKI Jakarta.

“Ini adalah hal yang sangat mungkin mengingat koalisi yang dibangun oleh Jokowi tidak cukup kuat untuk meloloskan permohonan ini,” kata Jajat di Jakarta, Kamis (24/7).

DPRD DKI Jakarta sebagai wakil suara rakyat Jakarta yang sah menurut konstitusi pernah menolak permohonan mundur dari Prijanto dan bisa menolak permohonan mundur dari Jokowi.

Skenario kedua yang dapat membatalkan pelantikan Jokowi adalah kemenangan Prabowo di Mahkamah Konstitusi (MK). Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo dan kuasa hukum Koalisi Merah Putih Mahendradatta telah menyampaikan akan melakukan gugatan atas hasil Pemilu Presiden 2014 ke MK pada hari Jum’at, 25 Juli 2014 besok.

“Jika MK mengabulkan gugatan dan meminta penyelenggaraan Pemilihan Suara Ulang (PSU), Jokowi bisa saja kalah dari Prabowo,” tutur Jajat.

Skenario ketiga yang bisa membatalkan Jokowi jadi Presiden terkait terungkapnya rekening-rekening atas nama Jokowi di luar negeri yang tidak dilaporkan saat pendaftaran dirinya sebagai calon presiden.

“Jika KPK atau PPATK dapat dengan cepat membenarkan temuan yang kemarin diungkap oleh Faisal Assegaf, KPU harus mencoret nama Jokowi sebagai calon presiden. Tiga skenario ini dapat membatalkan Jokowi jadi Presiden RI,” ujarnya.

Sebelumnya Jokowi membantah memiliki puluhan rekening di luar negeri sejumlah USD 8 juta atas nama Jokowi dan istrinya, Iriana Widodo.

“Kita tidak pernah punya rekening di luar negeri. Saya dan istri tidak punya,” kata Jokowi, Jakarta, Selasa (22/7/2014).(Inilah.com)


July 24, 2014

Tips Meningkatkan Daya Ingat Untuk Prestasi Belajar

Posted by : Admin
Filed under : Artikel, Sekolah Bintang

Tips Meningkatkan Daya Ingat Untuk Prestasi Belajar

Salah satu keterampilan yang diperlukan dalam belajar adalah bagaimana meningkatkan daya ingat. Jika berbicara tentang ingatan, kita harus mengetahui tentang ‘triggers’ atau kita sebut saja dengan pemicu.

Pemicu adalah sesuatu/kualitas seperti warna, tekstur dan intensitas yang bisa kita gunakan untuk melibatkan diri, atau memicu ingatan kita. Gunakan pemicu untuk menekankan aspek ide yang akan bertahan di ingatan kita.

Karena ingatan adalah keterampilan visual, kita akan menemukan banyak pemicu memakai petunjuk gambar atau visual. Mari kita pelajari hal-hal yang paling efektif untuk memicu ingatan:

Keempat pemicu ingatan ini akan membantu kita menancapkan hal-hal yang ingin kita ingat ke dalam pikiran sehingga bisa diakses dan digunakan kapan pun. Kita akan bisa mengingat lebih banyak jika tahu cara memilah, menyimpan, dan menambahkan ide-ide sehingga dapat meningkatkan cara otakmu menggambarkan, mengasosiasikan, dan memotivasi.

SENSES/RASA

Ingat waktu kita makan permen Pop Rock saat kita kecil? Jika pernah mencoba permen jenis ini, pasti ingat. Sulit melupakan rasa saat Kristal gula manis itu pecah dan bergeletuk di dalam mulutmu, menjadikan lidah berwarna-warni. Tahukah mengapa ingatan ini begitu jelas? Ingatan terkuat terjadi jika kita merangsang dan mengombinasikan indra kita. Pop Rock menyentuh indra kita.

Coba pikirkan ke belakang dan ingat makanan kesukaan kita saat kecil. Pasti kita tak hanya ingat nama atau rasanya. Kita juga ingat keseluruhan pengalaman memakannya, terutama pemandangan, suara dan perasaan yang melekat saat kita memakannya. Misalnya, meski tak ingat rasanya, kita pasti ingat bagaimana bentuk susu cokelat dan juga suaranya saat kamu menghisap lewat sedotan melingkar. Ini terjadi karena penglihatan adalah indra yang sangat kuat untuk mengingat, diikuti suara dan gerakan. Ingat, mari bekerjasama dengan otak dan lakukan apa yang bisa dilakukan. Gabungkan kekuatan penglihatan, suara, dan gerakan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi apa yang ingin kita ingat.

EMOTIONS /EMOSI [Berikan Sentuhan Personal]

Ingatan yang dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan, atau duka lebih mudah diingat. Misalnya, pikirkan tentang hubungan yang dipenuhi emosi. Kenangan paling jelasmu muncul pada masa terindah maupun terburuk karena hubungan emosinya. Kita bisa memicu ingatan dengan memanfaatkan jangkar emosi.

DIFFERENCES / PERBEDAAN [Faktor Aneh]

Lebih mudah mengingat sesuatu yang tidak sesuai dengan norma karena otak kita lebih mudah mengenali perbedaan daripada kesamaan. Jadi, gunakan ‘faktor aneh’ untuk meningkatkan ingatan. Ide-ide yang berlebihan, penglihatan, suara atau gerakan akan membuat hal yang berusaha kita ingat menjadi lebih unik. Misalnya;

Penglihatan Imajinatif : Bayangkan lalat yang sangat besar, seekor gajah yang sangat kecil, jerapah berwarna merah muda dengan loreng.

Suara yang tak masuk akal : Gunakan suara Donal Bebek

Gerakan berlebihan : Ungkapkan ide melalui permainan tebak-tebakkan.

BEGINNING AND ENDS / AWAL DAN AKHIR [Memakai Pertama dan Terakhir]

Pernahkah memperhatikan bahwa lebih mudah mengingat awal dan akhir film yang kita sukai? Atau orang pertama dan terakhir yang kita temui di sebuah pertemuan? Hal ini disebabkan karena otak kita secara alami mengingat hal-hal yang datang pertama dan terakhir. Manfaatkan kecenderungan ini dengan mencacah informasi menjadi bagian-bagian kecil untuk menciptakan lebih banyak pertama dan terakhir.

Kini setelah tahu keempat pemicu ingatan, apakah sudah siap untuk mempraktekkannya?

Sumber: Quantum Memorizer


July 23, 2014

Sekolah Anak Kesulitan Belajar? Hubungi Konsultan Belajar di Malang

Posted by : Admin
Filed under : Sekolah Bintang

Sekolah Anak Kesulitan Belajar? Hubungi Konsultan Belajar di Malang

Jika anda atau anak anda mengalami masalah di sekolah, prestasi belajar menurun, semangat seperti tidak ada lagi, ujung-ujungnya nilai raport bisa turun dan paling berbahaya adalah tertinggal kelas atau tidak lulus sekolah. Sebenarnya apa masalah anak sampai mengalami masalah seperti itu? Jawabannya tentu beragam, tidak bisa disamakan.

Tapi yang harus kita yakini adalah, belum tentu anak tidak berprestasi di sekolah karena bodoh. Kurang IQ-nya, atau dia tidak mampu bersaing. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah : mereka sedang mengalami masalah.

Dimana masalah itu (bagi mereka) sangat berat dan membebani sehingga menjadi ganjalan anak berprestasi di sekolah.

Apa solusinya? Konsultasi Belajar.

Kami, Sekolah Bintang juga melayani konsultasi belajar anak sekolah di Malang. Jika anak anda termasuk anak yang pandai, cerdas tapi tiba-tiba bermasalah di sekolahnya.

Bisa jadi dia butuh pendamping, konselor yang membantunya menemukan masalahnya sendiri, mendampinginya serta menemani dia dalam menyelesaikan masalahnya sendiri.

Apa masalah anak zaman sekarang? Banyak sekali : percintaan, pertemanan, bully-ing, gank, drug, seks bebas, guru yang tidak nyaman dst. Disitulah kami hadir membantu anda menemani putra-putri anda untuk pendampingan.

Silahkan kontak kami via sms di 0856.4960.8915 pendampingan dan bimbingan belajar anak. Kami melayani wilayah Malang. Terimakasih.


July 20, 2014

7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Bisnis Online

7 Ide Bisnis Untuk MahasiswaAda banyak mahasiswa (dan juga mahasiswi) yang ingin memulai bisnis sejak mereka masih kuliah. Tentu tidak perlu menunggu lulus kuliah untuk memulai bisnis, karena dengan kondisi bagaimanapun sebuah bisnis bisa saja dimulai.

Namun ada beberapa kendala yang sering dihadapi mahasiswa yang ingin memulai bisnis. Sebagian diantara kendala yang sering disebutkan adalah Modal, Keberanian, Ide Bisnis dan Pengalaman Yang Masih NOL.

Untuk itu, berikut coba kami tulis beberapa ide bisnis dengan modal yang kecil (nyaris nol), resiko kecil, dan santai bisnisnya (baca : tidak terikat waktu). Cocok banget buat mahasiswa kan? Sehingga bisa dijalankan dengan paralel sambil kuliah…

Ini Dia 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa :

1. Bisnis Les Privat

Bisnis paling mudah yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah memberi Les Privat. Begitu kamu bergelar mahasiswa, akan sangat mudah bagi kamu menawarkan diri untuk menjadi guru les privat.

Seperti pernah mbah jalankan, pertama tugas kamu adalah jual diri kamu sebagai seorang guru les privat, sambil jalan tawarkan jasa les kamu untuk teman-teman mereka. Begitu ada murid masuk baru, tugas kamu sekarang untuk merekrut pengajar baru. Siapa mereka? Ya temen kuliah kamu…

Nanti jika sudah banyak banget muridnya, kamu bisa mulai berhenti memberi les dan mulai fokus membesarkan bisnisnya… Asik?

2. Jadi Makelar

Begitu kita sebut kata MAKELAR? Apa yang kebayang di pikiran kamu? Makelar SAPI betul? He he he…

Kesannya memang kata makelar itu agak kurang elit. Tapi sebenarnya, jadi makelar adalah bisnis paling mudah, paling simple dan paling dikit modalnya. Modal kita cuma OMONG DOANG. Modal promosi, modal referensi, rizki lancar mengalir…

Buat mahasiswa, coba deh mulai jadi makelar kos, jual kamar kos, atau makelar kontrakan, makelar rumah, makelar tanah, makelar kambing pas idul adha, makelar jasa aqiqoh dll. Banyak banget pokoknya…

Saran dari Pak Guru sih, jangan jadi makelar bisnis kecil. Yang gede sekalian!! makanya cocok kalau identiknya makelar sapi… lumayan tuh untungnya sekali jual…

3. Jadi Reseller Produk Orang

Jadi reseller sebenarnya sama (mirip-mirip) dengan jadi makelar. Cuma kesannya lebih sopan ya? Ada perbedaan juga, reseller biasanya digunakan untuk produk retail.

Yang kamu mesti tahu adalah, hampir semua bisnis besar menyediakan jasa reseller. Apa saja? Banyak banget. Yang ngetrend misalnya Baju Korea, Pernak pernik, Baju Muslimah, Jilbab, Kue, Pulsa, dll

Cek di kanan kiri kamu, apa produk yang bisa di-reseller-kan? Kalau ngga ada, coba searching di Internet…

4. Jual Keahlian Kamu

Jadi mahasiswa, pasti kamu ada keahlian dong? Apa coba keahlian kamu, tulis dalam sebuah kertas sampai 15 angka. Ada?

Nah, sekarang dari 15 keahlian kamu, coba kamu cari 5 yang paling ahli di bidang itu. Sudah? Kalau sudah, pilih 3 yang menurut kamu peluangnya paling besar untuk dijual.

Jual jasa keahlian ini termasuk bisnis paling GAMPANG, kenapa? Karena sesuai dengan keahlian kamu, dan sangat mungkin juga sesuai dengan hobby kamu. Asik?

5. Periklanan Internet

Salah satu peluang Internet paling GEDE adalah periklanan (ads). Periklanan yang paling populer adalah Google Adsense. Sudah pernah dengar? Kalau belum langsung aja Googling sekarang…

Disini modal kamu cuma internet, blog/web, dan kemampuan bahasa inggris yang kuat. Plus hobby cuap-cuap yang rajin (update), dijamin bakal mengalir dollar di kantong kamu…

Asik juga kan?

6. Bisnis Online

Bisnis Online, asik kan istilahnya. Untuk ide bisnis no 6 ini, kamu bisa memadukan atau memilih dari ide bisnis no 1 – 4, untuk kemudian kamu jalankan via Internet.

Jualan lewat Blog, Facebook dan Twitter. InsyaAllah asik banget ini…

7. Multi Level Marketing

Multi Level Marketing atau lebih dikenal sebagai MLM. Di kampus tempat kamu kuliah akan banyak bergentayangan agen MLM yang bakal prospek kamu sebagai anggota mereka. Pilih aja yang sesuai kriteria kamu.

Ingat, tidak semua MLM bagus. Kamu harus milih mana yang menguntungkan dan sesuai dengan kamu. Jangan hanya dengar kata orang yang prospek kamu, tapi coba baca testimoni mantan anggota di Internet. Insyaallah ngga bakal menyesal gabung sama MLM. Sip?


July 20, 2014

Setiap Yang Kita Tanam Akan Berbuah

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis

Setiap Yang Kita Tanam Akan BerbuahSekitar 2 tahun lalu saya iseng membuat banner untuk promosi Jasa Pembuatan Toko Online yang kemudian disebar di pinggir-pinggir jalan di kampung.

Kenapa saya bilang iseng? Karena memang iseng, coba-coba. Sebelumnya saya biasa promosi via online saja. Ditambah Kartu Nama dan SMS Marketing.

Pengen aja waktu itu bikin promosi banner di pinggir jalan. Akhirnya saya membuatnya. Tidak banyak! Budget sekitar 120 ribu saja. Bentuknya juga kecil, tidak sampai setengah meter.

Isi banner itu hanya informasi bahwa saya menyediakan Jasa Pembuatan Web dan Toko Online disertai nomor HP yang bisa dihubungi. Tanpa design dan tanpa gaya yang macem-macem. Cuma background kuning dan tulisan berwarna merah.

Dan promosi tersebut waktu itu memang berhasil, ada beberapa order masuk lewat banner itu.

Salah satu kebiasaan saya waktu ada order, biasanya saya tanya, tahu informasi saya darimana? Beberapa menjawab mendapat informasi dari banner di pinggir jalan tadi.

Itu 2 tahun yang lalu, dan setahu saya beberapa banner rusak dan sebagian lainnya sudah dilepas oleh banner yang lain. Maklum yang memanfaatkan iklan seperti itu banyak sekali.

Kagetnya, 3 hari lalu saya dapat order lagi dari banner itu. Padahal sudah 2 tahun lalu saya masang bannernya.

Alhamdulillah ini membuktikan 2 hal. Pertama, promosi dan marketing itu bukan biaya. Melainkan investasi. Artinya, uang yang kita keluarkan untuk promosi dan marketing, sejatinya tidak akan membuat uang kita habis. Tapi malah menambah order dan menambah uang kita. Dari situlah bisnis kita berjalan.

Kini, setiap ada order tidak semua uang saya habiskan. Sebagiannya saya sisihkan untuk promosi lagi dan membuat tools marketing lagi. Terus begitu…

Kedua, setiap yang kita tanam pasti akan berbuah. Dalam bisnis, setiap yang kita usahakan insyaallah akan menghasilkan. Rejeki tak akan kemana, ia akan mendatangi empunya. Setiap kita yang mengusahakannya.

Selamat berbisnis ya teman-teman. Terus melangkah!


July 19, 2014

Teori Kupu-kupu Dalam Bisnis

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Inspirasi

Teori Kupu-kupu Dalam BisnisSaya tertarik dengan Teori Kupu2nya Mas Roni Yuzirman.

Di blognya ia pernah bertutur tentang seorang teman yang bisnisnya bisa sukses hanya dengan bekerja dari rumah.

Ia bisa sukses, mendapatkan pemasukan yang lumayan besar tanpa harus repot keluar rumah.

Ia hanya berada di rumah seharian, 7 hari seminggu. Dan sukses!! Apa rahasianya?

Ternyata ada filosofinya.

Ada dua metode menangkap kupu2.

  • Metode pertama adalah kita keluar rumah, membawa alat jaring kemudian memburu dimana tempat kupu2 biasa berada. Di kebun, di taman, di hutan dst.
  • Metode kedua lebih menarik : Membuat taman di rumah kita. Begitu taman sudah ada, bunga2 sudah mulai tumbuh, maka kupu2 yang akan menghampiri kita.

Begitulah Teori KUPU KUPU DALAM BISNIS.

Jadi kita tidak perlu keluar rumah, tinggal kita berpikir dan membuat strategi, apa ‘taman’ yang hendak kita buat.

Kalau disuruh memilih, saya tertarik dengan metode kedua.

Membuat taman. Sebuah strategi jitu menjaring pelanggan mendekat ke rumah kita.

Saya pikir, Bisnis Online adalah satu contoh bisnis menggunakan Teori Kupu2.

Dimana waktu kita sebagian besarnya akan digunakan untuk membuat taman (membuat blog/website, promosi online, masuk social media dan social bookmark, bertukar info dst).


July 18, 2014

Istiqomah Itu Mahal

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Inspirasi

Istiqomah Itu Mahal

Masih ingat dengan cerita tentang Soto Sawah? Warung soto sederhana di pinggir sawah yang punya pelanggan setia, yang warungnya rame banget, yang bukanya mulai siang dan tutup (seringnya) sebelum maghrib?

Silahkan baca dulu 2 tulisan tentang Soto Sawah di sini :

1. Menguji Kesabaran Kita Dalam Bisnis Internet

2. Sabar Saja Tidak Cukup, Bisnis Internet Juga Butuh Ilmu

Kesuksesan Soto Sawah adalah cerita tentang kesuksesan bersabar dan istiqomah dengan satu bisnis dalam 22 tahun. Kesetiaan itu pulalah yang menjadi rahasia dan sekaligus menjelaskan bagaimana pelanggan soto sawah mau rela-rela ngantri disana.

Luar biasa sekali, saya masih takjub sampai sekarang. 22 tahun itu bukan waktu yang singkat.

Yang menarik saya tulis di artikel saya tadi adalah, rasa soto di Soto Sawah sebenarnya menurut saya biasa saja. Nothing special. Bukan ingin menjelekkan Soto Sawah nih, tapi saya menyadari kekuatan Soto Sawah sebagai sebuah bisnis kuliner jelas bukan ada di rasa.

Nah, semalam saya dan keluarga menghabiskan separuh malam minggu dengan menjajal Soto Kambing yang ada di sebelah Soto Sawah. Tidak jauh dari sana (berkisar 100an meter) ada sebuah warung yang juga jual soto kambing, sama persis dengan yang dijual soto sawah.

Kami memesan soto, minum dan mulai makan. Saya ingin membenarkan lidah saya beberapa hari yang lalu makan disana sendiri dan membuktikan bahwa Soto Kambing di sini lebih enak, jauh lebih enak dari Soto Sawah.

Satu kecap dua kecap saya nanya ke istri saya. Bagaimana rasanya? Enak mana sama Soto Sawah? Dan istri sayapun membenarkan. Rasa soto kambing di sini jauh lebih enak daripada rasa soto di Soto Sawah.

Berarti saya betul.

Saya menyimak situasi sekitar. Anehnya, pemandangan disini jauh beda dengan Soto Sawah. Warungnya relatif sepi, saat kami makan semalam hanya ada 2 orang makan bersama kami. Dulu waktu saya makan sendiri, kondisinya tak jauh berbeda hanya beberapa gelintir saja yang makan datang secara bergantian.

Jauh beda dengan pemandangan Soto Sawah yang untuk duduk saja harus desak-desakan.

Selain itu, warung tempat saya makan semalam, buka lebih pagi dan tutup lebih malam dari Soto Sawah. Mereka bekerja lebih lama…

Akhirnya saya mengambil kesimpulan semalam. Soto Kambing di sini (memang) lebih enak, tapi soto di sini kalah 22 tahun dari Soto Kambing milik Soto Sawah.

Karenanya istiqomah itu mahal.


July 18, 2014

Pembelajar Gratis :)

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Bisnis Online

Pembelajar Gratis :)Ini update agak sensitif dan rawan. Maaf, bukan menyinggung siapapun yang suka gratisan. Pada dasarnya semua orang suka gratisan, mbah juga suka. Dan banyak hal gratisan itu HALAL, jadi boleh-boleh saja kita menikmatinya.

Semoga ngga ada yang salah faham ya…

Semenjak saya membuka workshop dan pelatihan-pelatihan tentang bisnis online dan internet marketing. Banyak sms masuk yang nanya KELAS GRATISAN. Ada ngga yang kelas gratisan?

Artinya workshop gratis tanpa membayar uang sepeserpun.

Dulu mbah ada kelas gratisan begini. Banyak banget malah.

Workshop Internet Marketing mbah yang pertama waktu di Universitas Brawijaya dulu gratis. Waktu itu, mbah bekerjasama dengan Tim Internet University (sekarang sudah non aktif) dan beberapa kenalan yang ada di UB.

Apa hasilnya?

Peserta dikit banget, saat dhuhur 2 peserta pulang, saat ashar 2 peserta pulang, tinggallah beberapa biji tersisa.

Cerita berikutnya.

Saya mengundang beberapa orang yang ingin belajar gratis untuk ikut kelas di rumah (waktu itu masih tinggal di Jalan Gajayana Malang). Begitu dapat sms GRATIS dari saya, semuanya semangat dan mengiyakan akan datang dalam kelas tersebut.

Apa yang terjadi? Cuma 4 yang benar-benar datang, dari 4 itu yang satu males-malesan datangnya, yang satu cuma hadir sekali setelah itu menghilang.

Meski ada 2 yang tersisa dan bertahan dan mereka serius belajar meski gratisan.

Dan begitu seterusnya, banyak pembelajar gratisan ngga serius menjalani proses belajar.

Entah mengapa. Apa karena gratis? Tidak merasa membayar, jadi nothing to loose ketika ngga hadir. Merasa tidak rugi ketika tidak serius. Dst…dst…

Mereka sendiri yang tahu apa alasannya.

Akhirnya dulu mbah memutuskan untuk menghapus kelas gratisan ini.

Anehnya, masih banyak yang sms nanya gratisan. Ya ampun, mau nolak ngga tega, mau ngasih nanti terulang lagi. Dilema seperti ini muncul.

Akhirnya pas workshop ke-4 kemarin juga ada kasus beginian. Dari 100% kursi yang dipesan, sebagiannya kami kasih gratis. Cuma bayar makan. Apa yang terjadi?

Sudah bisa diduga. Dari yang gratisan itu, 80% tidak jadi datang dalam pelatihan. 10% ikut cuma hari pertama saja. 10% sisanya alhamdulillah bertahan sampai hari terakhir.

Itulah faktanya, dan terus berulang-ulang.

Yang ingin mbah garis bawahi adalah, meski sebagian besar pembelajar gratis ini banyak yang ngga serius, tetep ada satu dua orang yang memang serius ingin belajar.

Mungkin karena memang tidak ada uang, mereka terpaksa mengesampingkan EGO dan malu lalu kemudian memberanikan diri bertanya tentang kelas gratis. Mbah tahu, nanya gratisan seperti ini butuh keberanian juga.

Jujur ya, mbah sangat apresiasi terhadap mereka. Dan bagi mbah, berbagi tanpa dibayar itu sangat tidak masalah.

Rizki dari Allah, bukan dari peserta workshop.

Maha pintar Allah mendatangkan rizki dari manapun.

Berulang kali diundang seminar tanpa dibayar juga mbah jalani.

Ada puluhan orang kerumah belajar mbuat blog, mbuat toko online, jualan via facebook dan twitter dll, mbah ngga minta tarif. Pulang tanpa membayar mbah juga tetep senyum dan meminta mereka datang kapan saja.

Its okay!

Malah seneng banget kalau setiap workshop ada peserta gratisnya, bagi mbah itu kebanggaan. Ngga cuma komersil, ada nilai sosialnya.

Nah, akhirnya memang mbah terus membuat sistem. Buat yang ingin belajar gratis dan cuma anget-anget diawal ini. Mbah biasanya buat saringan, untuk menguji seberapa serius mereka belajar. Apa cuma main-main atau memang serius belajar.

Kalau ada yang nanya, “mbah, ada yang gratisan ngga?

Mbah mesti bertanya macem-macem dan membuat syarat yang agak aneh-aneh. Untuk menguji seberapa serius mereka.

Misal semalam, ada anak lulusan SMA mau belajar. Minta gratis, mbah bilang, “…kumpulkan 2 orang lagi, mbah kasih kelas gratis. Jadi total 3 orang“.

Setelah itu tidak ada lagi jawaban. Malah besoknya dia nanya lowongan pekerjaan. Oke, berarti memang dia tidak serius dan cuma nanya-nanya.

Buat semua yang suka gratisan, yuk lebih serius menanggapi gratisan. Mau??


July 18, 2014

Menguji Kesabaran Kita Dalam Bisnis Internet

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Inspirasi

Sudah berapa lama anda mengelola Bisnis Internet anda? Sepuluh tahun? 3 tahun? 6 Bulan? Atau baru kemarin? Saya punya satu cerita yang saya alami sendiri tentang seseorang yang mengelola sebuah bisnis dan bagaimana dia bersabar dalam menjalankannya (bisnisnya).

Di Malang, ada satu Soto Kambing terkenal, namanya Soto Sawah. Letaknya di pinggiran sawah di daerah Kepuharjo, Karang Ploso. Kabupaten Malang. Sepintas soto ini biasa saja, tapi ada satu yang menarik dan benar-benar membuat penasaran. Warung Soto Sawah ini pengunjungnya rame habis-habisan. Yang datang banyak banget yang bawa mobil.

Soto Sawah di Malang

Penampakan SOTO SAWAH di Malang

Anehnya, Soto Sawah ini biasa buka jam 2-3 sore dan sotonya habis begitu maghrib datang (sekitar jam 6an sore). Ini bikin penasaran banget dong?? Seberapa enak rasanya?

Saya yang penikmat kuliner langsung mencoba, saya duduk manis disana dan memesan satu porsi. Tahukah kamu kalau ternyata (maaf) rasanya BIASA SAJA. Bukan tidak enak, rasanya tidak ada yang spesial. Sama saja dengan soto kambing yang lain. Jadi apa yang membuat Soto Sawah ini digemari banyak orang dan habis dalam waktu hitungan jam?

Beberapa minggu kemudian saya membawa istri untuk mencoba sama-sama. Saya ingin memastikan bahwa ‘rasa biasa’ itu bukan saya saja yang merasakan. Dan benar, istri saya juga mengaminkan. Tidak ada yang spesial dengan soto ini. 

Pada saat saya makan yang kedua bersama istri ini, saya sempatkan bertanya pada ibu penjual yang melayani es teh manis pesanan kami. “Ibu, kalau boleh tahu sejak kapan Soto Sawah ini dibuka?”

Ibu tersebut tersenyum, kemudian menjawab, “…wah mas, yang tahu persis bapak, saya masih baru cuma bantu-bantu jualan. Kalau bapak sudah 22 tahun jualan soto di sini.”

Ampun, ini bapak sudah 22 tahun jualan soto kambing disini. Saya membatin, INILAH RAHASIANYA. Komitmen, Konsistensi dan Kesabaran. 

Bertahan 22 tahun berbisnis hal yang sama bukan hal yang mudah. Anda ingat deh, berapa bisnis yang anda sudah pernah jalankan? Berapa kali ganti-ganti karena merasa ngga cocok dengan bisnis yang dijalankan??

Inilah rahasia Soto Sawah, 22 tahun melayani pelanggan dalam kesabaran. Dan tentu saja, naik turun permasalahan bisnis. Tapi selama itu tetap bertahan dengan Soto Sawah, dan kini mereka memetik hasilnya.

Saya pernah bilang di blog ini. Untuk Toko Online dan Bisnis Internet yang menjual produk dan jasa di Internet. Kita biasanya mematok waktu 1 bulan untuk mendapatkan order pertama kali.

Untuk dikenal dengan baik oleh pembeli, merubah mereka dari pembeli menjadi pelanggan, kita butuh waktu setidaknya 1 tahun. Menginjak tahun kedua setelah perpanjangan domain, disaat itulah anda sedang memasuki babak baru Bisnis Internet anda.

Dan, yang kami yakini di tahun ke-3 lah, Bisnis Internet akan menuai BUAHNYA. Di tahun ke-3 bisnis internet biasanya mapan, pelanggan sudah banyak tinggal menstabilkan mereka, mengatur keuangan, dan menambah volume penjualan secara alami.

Saya sudah membuktikan sendiri, bisnis Internet yang sudah saya jalani 3 tahun yang lalu, dan sekarang sudah saya tinggalkan, sekarang ini banyak yang nanya. Jualan rumah yang dulu pernah saya pasang, dan sekarang sudah tidak ada, banyak yang menanyakan. Bisnis Kaos Arema yang dulu juga sudah ditutup, sekarang banyak yg sms ingin jadi distributor.

Jadi, seberapa lama kita bersabar dengan Bisnis Internet kita? Seberapa sabar kamu dengan Bisnis Internet kamu? Ada yg mau berkomentar? Silahkan di kolom komentar dibawah ini..


July 18, 2014

Momentum…

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis, Inspirasi

Saat lagi bingung nyari ide tulisan, saya menemukan sebuah tulisan yang menarik.

Tulisan itu berbunyi seperti ini :

Momentum...“Mickey Mouse muncul dari dalam pikiran saya ke atas kanvas gambar, 20 tahun lalu saat saya sedang menaiki kereta dari Manhattan ke Hollywood pada saat keadaan bisnis saya dan kakak saya, Roy, sedang berada pada kondisi sangat rendah dan berada di ujung tanduk.”

Tulisan ini adalah potongan dari beberapa perkataan Walt Disney. Penemu, pendiri dan pemilik Disneyland. Sebuah industri hiburan skala internasional yang sudah dikenal banyak orang di penjuru Jagat.

Banyak orang tahu, kemegahan bisnis Disneyland dulunya hanya berawal dari cerita SEEKOR TIKUS yang bernama Mickey Mouse ini. Kemudian berkembang menjadi banyak tokoh animasi. Dan terus berkembang dalam semua bidang hiburan sampai saat ini, film, bioskop, komik, arena bermain dll

Uniknya, TOKOH Mickey Mouse yang menjadi tonggak kebangkitan Disney Land ini, lahir dalam proses tidak sengaja seperti cerita Walt Disney dalam kutipan di atas.

Pelajarannya adalah, kita tidak pernah tahu kapan saat itu datang. Momentum yang membawa kita pada jalan KESUKSESAN kita. Saat yang kita kira SEPELE tapi ternyata saat itulah yang akan menjadi JALAN bagi kita menggapai mimpi, menggapai kesuksesan kita.

Saat itu Tuhan mengabulkan doa-doa yang pernah kita panjatkan.

Lalu, apa yang harus kita lakukan sekarang?

Terus melangkah, terus berusaha, terus bekerja keras! Jangan sampai berhenti! 

Sembari kita terus berdoa, semoga momentum itu datang di saat yang tepat. Menghampiri kita sambil tersenyum dan berkata, “…doamu diterima!”

Semoga bermanfaat ya, terus semangat dalam hidup dan bisnismu!


July 18, 2014

Bisnis Tetangga Lebih Hijau (Menguntungkan)?

Posted by : Admin
Filed under : Bisnis

Bisnis Tetangga Lebih Hijau

Sore hari tadi Mbah Putri mbawain sisa makan siangnya di sekolah. Nasi Padang sisa makan siangnya di sekolah itu kemudian diberikan kepada saya. Dan saya selalu menikmati makan sisa darinya… *weird*

Seperti biasanya, emang mbah putri sering banget membawa makanan kerumah. Kadang makanannya masih utuh belum tersentuh, atau kadang makanan yang memang sudah dimakan tapi tidak dihabiskan.

Biasanya jatuhnya emang kesaya. Agak aneh terdengar, tapi begitulah kejadian yang sering terjadi. Mbah Jiwo ini sering dapat jatah makanan dari ransum orang. #gagaldiet

Kembali ke Nasi Padang. Nasi Padang mbah putri itu sudah habis ikannya, yang tersisa cuma nasi sama kuahnya. Sama sayur sedikit. Aneh ya? Tapi ngga tau kenapa rasanya enak sekali.

Pernah kok makan Nasi Padang tapi ngga pernah seenak ini. Akhirnya Nasi Padang sisa itupun habis saya makan.

Habis makan sore tadi, saya mandi dan bersiap sholat maghrib. Ketika mandi itulah saya berpikir. Kenapa ya, makanan kalau dari orang lain rasanya enak sekali. Bahkan kadang yang sisa malah terasa lebih lezat.

Makanan yang dimasak sendiri, atau beli sendiri dan juga makanan jatah sendiri sering terasa biasa aja. Tapi begitu makan makanan orang lain, atau makan dirumah orang lain, atau dibelikan orang lain, rasanya enak sekali.

Benarkah pepatah itu? Rumput tetangga itu selalu lebih hijau.

Dalam bisnis saya juga sering mengalami hal seperti itu, di mata saya bisnis teman atau bisnis orang sering kali terlihat lebih hijau. Lebih prospek dan lebih menghasilkan.

Setiap melihat bisnis orang dan sukses. Sering ngitung-ngitung, “Kalau sehari laku segini berarti omset segini. Berarti omset sebulan segini. Wah lumayan ya…

Tiap liat bisnis orang sering begitu. Sama Mbah Putri kalau liat bisnis orang juga sering bareng-bareng ngitungin.

Tapi akhirnya selalu ditutup dengan kata-kata : “Fokus…fokus“.

Bisnis itu sawang-sinawang kata orang Jawa. Jadi benarkah bisnis tetangga itu selalu lebih hijau?? Entahlah.


July 17, 2014

After Zero Manajemen Award

Posted by : Admin
Filed under : Production

After Zero Manajemen AwardKabar terbaru dari Zero Manajemen nih, jadi kemarin 12 Juli 2014 telah sukses melaksanakan Zero Manajemen Award.

Acara ini adalah acara puncak penganugrahan Aktor-aktris yang dimiliki Oleh Zero Manajemen Artis Malang sekaligus menutup perjumpaan seluruh anggota sebelum libur puasa dan lebaran.

Di acara ini sekaligus di launching perdana FTV Religi “Tunggu Aku Cinta” yang diproduksi Mbah Jiwo Production bekerja-sama dengan Zero Manajemen.

BTW acaranya sukses, ada beberapa TV Lokal yang hadir dan nampaknya dari beberapa obrolan santai di tengah acara, mbah menangkap beberapa signal bagaimana cara Mbah Jiwo Production bisa tembus di DUNIA PERTELEVISIAN di Malang Raya ini.

Memang sih, tidak semua TV Lokal bisa hadir, tapi menurut penerawangan mbah dari TV Lokal yang hadir sudah cukup untuk memulai semuanya, untuk mengawali cerita ini.

Kesempatan ada, potensi kita punya. Saat ini tinggal menyiapkan TIM yang SOLID dan Aktor-aktris yang tak pantang menyerah. Dimana menemukan mereka?

Saat ini aktivitas Zero Manajemen Artis Malang sudah off sampai habis lebaran, tinggal menyelesaikan beberapa orang yang masih ingin bergabung dalam casting. Alhamdulillah, dalam proses ini Mbah Jiwo Production bisa terlibat.

Ke depan, kami sedang menyiapkan FTV baru, “Cintaku Tertinggal di Batu”. Dan juga satu rencana besar membuat FTV di Pantai Balekambang. Ada yang berniat ikut? Ayo merapat…

Manajemen Artis Malang

Ini foto anak Zero Manajemen

Zero Manajemen Award

Ini foto anak Zero Manajemen plus MBAH JIWO

Note : Buat yang ingin join casting Zero Manajemen bisa merapat di Zero Manajemen Malang, Zero Manajemen Batu dan Zero
Manajemen Surabaya


July 16, 2014

Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Pulang Mudik

Posted by : Admin
Filed under : Artikel

Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Pulang Mudik

Masih seputar mudik, ngomong-ngomong sudah bersiap mudik nih? Atau masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan? Sambil menunggu-nunggu THR yang belum tentu kapan turunnya. Yah, yang pasti ada beberapa persiap yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Agar mudik tetap menyenangkan dan tidak jadi hal menyebalkan karena terjadi sesuatu dengan rumah yang ditinggalkan.

Berikut Tips meninggalkan rumah sebelum ditinggal mudik :

1. Jika Memungkinkan Bayar Orang Untuk Menjaga

Keamanan memang segalanya, apa jadinya kalau mudik nanti pikiran kita jadi tidak tenang karena merasa rumah yang tidak kita tinggalin tidak aman? Karena itu opsi pertama masalah tips meninggalkan rumah saat mudik adalah kalau bisa kita usahakan ada yang menjaga, bisa satpam, pembantu, rt/rw yang kita titipin, atau orang tertetu yang memang kita “bayar” untuk menjaga rumah kita. Kalau udah begini, pastinya kita akan lebih tenang. Resiko masih ada, tapi sangat kecil jika rumah kita ada yang menjaga.

Jaga Satpam Saat Mudik

2. Hidupkan Semua Lampu 

Tips kedua adalah, hidupkan semua lampu. Khususnya lampu yang berada diluar rumah. Ini membantu membuat rumah kita tidak terlihat “LAYAK DONGKEL”. Rumah yang gelap akan membuat rumah itu terlihat kosong di malam hari, dan ini mengundang orang jahat untuk datang. Kalau perlu siapkan lampu yang besar berwatt tinggi untuk halaman depan, teras, bagian samping rumah dan juga bagian belakang rumah.

Hidupkan Semua Lampu Saat Mudik

3. Lepas Kabel TV, Microwave, GAS LPG, dan Semua yang Berpotensi Kebakaran

Hal ketiga ini untuk menghindari kebakaran terjadi saat kita meninggalkan rumah saat mudik. Matikan dan lepaskan semua alat elektronik rumah yang berpotensi meledak dan terbakar. Seperti kabel TV, Microwave, Gas LPG, AC dll. Usahakan semua terlepas kabelnya.

Lepas Kabel TV, Microwave, GAS LPG, dan Semua yang Berpotensi Kebakaran Saat Mudik

4. Berpamitlah Kepada Tetangga Kanan Kiri

Jangan lupa sebelum kita mudik, berpamitanlah kepada tetangga kita akan pulang mudik. Pamit ini semacam “titip rumah secara halus” kepada tetangga agar membantu menjaga rumah kita, kalau perlu kasih bingkisan ke tetangga sebelum kita mudik. Dan jangan lupa juga berpamitan ke RT/RW setempat.

Berpamitlah Kepada Tetangga Kanan Kiri Saat Mudik

5. Pasanglah Keamanan Ganda Semisal CCTV dll

Jika kamu ada budget pasanglah keamanan ganda di rumah kamu saat mudik, mungkin alarm atau CCTV yang memudahkan segalanya ketika terjadi hal yang tidak kita inginkan. Untuk alarm jangan lupa memasangnya dengan pengawas, jangan sampai memasang tanpa ada orang yang mengawasi, nanti jika alarm berbunyi harus ada orang yang mematikannya.

Pasanglah Keamanan Ganda Semisal CCTV

6. Jangan Meninggalkan Benda Penting Semisal Perhiasan, Surat Penting dll

Bawa sebisa mungkin barang-barang penting yang sulit dicari gantinya, misal emas, surat berharga, dll. Atau kalau kamu memiliki masukkan dan simpan dalam brankas kamu.

Jangan Meninggalkan Benda Penting Semisal Perhiasan, Surat Penting Saat Mudik

7. Jika Ada Hewan Pikirkan Hidup Mereka

Nah, khusus buat kamu yang punya hewan peliharaan, jangan meninggalkan mereka sendirian. Mereka butuh makan, buang kotoran dll. Lebih baik jika kamu bisa menitipkannya di tempat penitipan, atau mungkin membawanya mudik bersama kamu. Jika tidak, pikirkan bagaimana hidup mereka selama anda mudik.

Jika Ada Hewan Pikirkan Hidup Mereka Saat Kamu Mudik

Mudik semakin aman dan tenang dengan persiapan sebelum meninggalkan rumah. Selamat berlibur dan bersilaturahim dengan keluarga tercinta ya…

Tags : ,

July 16, 2014

Ini Dia Cara Ngecek Hasil SBMPTN 2014

Posted by : Admin
Filed under : Berita

Ini Dia Cara Ngecek Hasil SBMPTN 2014

Seperti halnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pun akan dilakukan secara online. Peserta bisa mengecek hasil ujian mereka di laman resmi SBMPTN 2014 http://www.sbmptn.or.id.

Koordinator Sekretariat Pokja SBMPTN 2014, Bambang Hermanto, menjelaskan, pengumuman akan dilakukan serentak pada Rabu, 16 Juli 2014 mulai pukul 17.00 WIB. Cara mengecek kelulusan pun tidak sulit. Peserta SBMPTN 2014 cukup memasukkan nomor ujian SBMPTN di kolom pencarian.

“Peserta yang bersangkutan akan melihat hasilnya lulus atau tidak lulus,” kata Bambang, ketika berbincang dengan Okezone, baru-baru ini.

Dari 664.509 lulusan SMA/sederajat peserta SBMPTN 2014, hanya sekira 86 ribu di antaranya yang akan lulus seleksi. Mereka akan mendapatkan satu kursi di 64 PTN se-Indonesia.

Jika dinyatakan lulus, para calon mahasiswa harus melakukan registrasi ke kampus masing-masing. Mereka wajib menunjukkan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2014 dan mengikuti segala persyaratan dan waktu yang ditetapkan oleh kampus mereka. (Okezone.com)


July 16, 2014

Iwan Fals Ciptakan Lagu untuk Palestina

Posted by : Admin
Filed under : Berita

Iwan Fals Ciptakan Lagu untuk PalestinaTragedi Gaza mengundang setiap insan untuk bersimpati. Tidak terkecuali musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals, yang menciptakan lagu untuk Palestina.

Lewat situs resminya iwanfals.co.id, musisi bernama asli Virgiawan Listanto itu men-share lagunya tersebut

Berikut petikan lirik dari lagu Iwan Fals yang diberi judul ‘Palestina’ tersebut.

Palestina, bukan soal agama
Ini hanya soal tanah semata, siapa yang tak ingin merdeka

Anak suci pulang, dipelukan orang tuanya
Wajahnya masih tersenyum, dibawa lari orang orang dijalanan

Gaza Gaza Gaza Panggung setan paling tega
Gaza Gaza Gaza Tank dilempar batu, perempuan kecil pukul serdadu
Jet tempur diketapel dan bom bom hari hari

Orang pamer kuasa, atas nama apa saja
Intifadah – dengan polosnya menasehati dunia

Cukong cukong senjata pesta pesta, tari perut gahwa dan sisha
Dibawah purnama padang pasir yang anyir

Palestina – saudaraku di Gaza
Bertanya pada bangsa bangsa yang bego, tak ada guna percuma saja

Oh dunia, ini air mata
Sejak jaman nabi nabi hingga kini
Bagai air suci yang memancar tak henti hentu
Oh dunia ini airmata
Sejak jaman sebelum Adam diusir surga
Sebagai persembahan sejarah umat manusia yang lemah

Palestina, bisa jadi soal agama
Hanya karena tanah semata, bagi yang ingin merdeka

(Republika.com)


Aquila Baby Shop 22/12
Prabowo

Dibalik Mbahjiwo.com

Mbah Jiwo, blogger yang seneng sekali online. 100% GEEK!! Love acting, photography and internet use for business. Sesekali berbicara dalam seminar dan workshop.  

Jasa Pembuatan Toko Online

Jasa Pembuatan Toko Online

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 23 other subscribers

Mbah Jiwo Photowork

Mbah Jiwo Photowork

Mbah Jiwo Online Shop

Mbah Jiwo Online Shop