Mbahjiwo.com Pengembali semangat yang hilang…

Disconnect

05.01.2012 · Posted in Blog

Kehadiran teknologi sungguh telah mempermudah komunikasi diantara manusia. Sekarang ini, seperti tidak ada lagi penghalang ruang dan waktu.

Dengan adanya Blackberry kita bisa chatting sepuasnya dengan sahabat lama, teman-teman sepermainan dan juga se-organisasi. Bertukar gambar dengan mudah dan juga bergabung dalam grup, saling sharing apa saja. Mulai dari yang penting, sampai ke hal yang ngga penting banget.

Dengan adanya Facebook, kita bisa bertemu dengan teman lama, teman sd, teman smp, teman sma, temen main, rekanan bisnis dll. Asik banget bisa Facebookan, apalagi dioperasikan dengan Blackberry, kita bisa online FB 24 jam.

Kehadiran grup juga membantu kita untuk ketemu dengan teman yang homogen. Satu hobi, satu kelompok bisnis, alumni satu sekolah, semuanya bisa ngumpul bareng berbagi apa saja sambil ngobrol ngalor ngidul.

Twitter juga sama. Dengan adanya Twitter kita bisa twit secara lebih privat. Sharing hal-hal penting di sana. Buat kultwit. Mention sini mention sana. Sapa sini sapa sana. Seneng banget kalau follower nambah.

Semua itu membuat hidup lebih hidup. Kita ngerasa feel connected dengan semual hal.

Cuma mbah punya perasaan lain. Bahwa dari semua keasyikan itu, ada rasa BISING yang sering menghinggapi. Mbah berpikir, ini mungkin Over Connected. Udah berlebihan dan rasanya mengganggu kehidupan juga. Blackberry dikit-dikit bunyi. FB dan Twitter dikit-dikit mention.

Apalagi mbah sampai akhir ini masih fokus di Bisnis Online. Mau gimana lagi ya mesti online 24 jam.

Ada saat-saat tertentu dimana perasaan connected ini benar-benar mengganggu dan tak bisa tertahankan. Bising banget rasanya. Ruangan dimana kita tinggal dan ngenet setiap hari, jadi serasa penuh sesak dengan orang-orang.

Saat-saat itulah biasanya mbah gunakan ACTION DISCONNECTED. Sebuah aksi memutus dari semua koneksi yang ada. Sampai jadi NOL dan HENING.

Mau tau bagaimana mbah pernah melakukannya?

1. Mbah pernah menghapus semua ACTIVE CONTACT di Blackberry. Semua berarti ya semua, sampai NOL kontak. Mbah berpikir, mereka yang add lagi (setelah di delete), adalah yang benar-benar butuh dan perlu berkomunikasi sama mbah. Yang diem saja, yasudah biarin. Rasanya PLONG banget setelah delcont. Pernah??

2. Selain delete kontak, mbah juga pernah leave grup dari Blackberry group. PLONG MELOMPONG…

3. Mbah juga pernah beberapa kali DEACTIVE akun Facebook. Mati sementara, seingat mbah dulu paling lama seminggu. Ngga facebookan sama sekali. PLONG lagi…

4. Sampai sekarang, akun Twitter mbah pribadi dibatesin hanya follow maksimal 200 orang. Itupun yang menurut mbah penting dan memang bermanfaat buat mbah. Selebihnya, mikir-mikir. Catatannya, ini untuk akun Twitter pribadi ya. Kalau untuk Twitter bisnis ya ngga dibatasin…

5. Pagi ini, mbah mau DELETE 90% grup di Facebook. Bising!! 99% Notifikasi di FB isinya update Grup semua. Doakan PLONG lagi ya…

Yang lainnya apalagi ya?

Coba deh, sekali-kali praktik. Di era yang sudah ALL CONNECTED ini, sekali-kali kamu disconnect dari semua itu. STOP lalu kembali ke dunia nyata. Sebentar saja, untuk kemudian kembali lagi jika sudah FRESH dan PLONG.

Mau mencoba disconnect?

Leave a Reply

%d bloggers like this: