Trik Membangun Backlink Ala Blogger

Trik Membangun Backlink Ala BloggerMbah Jiwo mengenal blog sejak 2007 silam. Mulai membuat blog sendiri di WordPress dan belajar secara otodidak sampai masuk kategori ‘lumayan bisa’. Maklum waktu itu saya ini katrok banget, ga tau banget gimana caranya buat postingan, insert gambar di postingan, edit widget dll. Semuanya ngga bisa. Apalagi kalau ngomong html dan macem-macemnya.

Sejak itu alhamdulillah jadi suka banget dengan blog dan aktivitas ngeblog. Waktu itu belum kepikiran sih untuk buat akun berbayar dot com, belum sampai juga kepikiran monetisasi blog. Pokoknya taunya cuma ngeblog aja. Trus kebiasaan itu berkembang dengan kebiasaan blogwalking, ikutan bagi-bagi award, masang award juga dll. Silaturahim diantara blogger dimana-mana kan emang hangat ya…

Sampai tahun 2008, saya ini termasuk yang propaganda teman-teman pergaulan untuk buat blog. Sukses, banyak teman Mbah Jiwo dulu kena virus ngeblog. Ada yang suka pake wordpress, tapi banyakan yang suka pake blogspot. Entah mengapa kata mereka lebih gampang. Padahal menurut Mbah Jiwo enakan pake wordpress. Selera mungkin ya…

Ada beberapa hal yang diingat waktu masih aktif jd blogger dulu. 1) Tiap postingan banyak yang komentar. Mesti postingannya mungkin remeh temeh banget, dan ngga masuk kategori artikel bagus. 2) Jadi suka saling sebut di blog masing-masing. Tanpa pretensi apa-apa, termasuk saling tukar link dan banner. 3) Page rank blog Mbah Jiwo di wordpress gratisan bisa sampai 4, luar biasa banget kan?

Hal-hal yang dicapai waktu jadi blogger tadi, belum tentu lo bisa dicapai oleh pebisnis online sekarang. Komentar banyak, backlink dan page rank jadi barang mewah sekarang. Padahal dulu, bisa lo mendapat prestasi bagus.

Apa rahasianya? Berikut Mbah Jiwo ingin share beberapa trik yang bisa digunakan untuk membangun backlink, seperti yang biasa dilakukan oleh blogger.

1. Jangan pernah sungkan untuk ngelink ke blog atau web orang.

Mungkin terlihat lebih menguntungkan mereka yang kita link, tapi sejatinya memberi prestasi bagus juga buat kita. Dengan melink secara ‘ikhlas’ ke domain orang yang bertema sama, maka ini akan menyenangkan pembaca. Karena memberi referensi yang bagus, dan tidak asal ngelink. Suatu saat jika yang kita kasih backlink tahu, bukan tidak mungkin dia akan memberi link balik ke web atau blog anda sebagai tanda terima kasih.

2. Bertukar link di widget sangat powerfull untuk membangun backlink berkualitas.

Apalagi jika anchor text yang digunakan sesuai dengan kata kunci yang sedang kita bidik. Munculnya link kita di widget blog orang akan membuat link kita terus muncul di semua page. Artinya akan banyak diindeks sebagai backlink.

3. Jika perlu, sengajakan untuk saling bertukar link.

Jangan gengsi dan malu, tawarkan saja untuk bertukar link. Biasanya orang akan menerima, kecuali beberapa pemilik web yang agak sombong atau mereka yang menghindari link spam pada beberapa blog monetisasi.

Ketiga trik itu mungkin adalah metode yang paling kuat dalam pola membangun backlink ala blogger. Ketulusan dan keikhlasan terjadi saat bertukar link, tanpa ada motif lain kecuali silaturahim. Itulah yang terjadi antar blogger selama ini. Selamat mencoba!